Kopi, Minuman Penyegar Berkhasiat Obat

Banyak orang yang beranggapan bahwa meminum kopi tidak baik bagi kesehatan tubuh, mereka berangnggapan bahwa kafein itu berbahaya, bahkan sejumlah petani kopi di Aceh Tengah lebih memilih minum teh sebagai minuman utama daripada mengkonsumsi kopi yang mereka tanam. alasannya cukup klasik, kopi dapat memicu asam lambung.

Perlu diketahui bahwa kafein yang terkandung dalam kopi arabika lebih sedikit dibanding dengan kopi robusta. Dalam kopi arabika, kandungan kafeinnya sebanyak 1,1% dari beratnya. sementara dalam kopi robusta, kandungan kafeinnya mencapai 2,2% dari beratnya. Jika khawatir terhadap kafein, coba turunkan kadar kafeinnya. Hanya saja, banya coffee lovers  yang kurang suka terhadap kopi rendah kafein. “kurang nendang,” namun bagi coffe lovers  penderita penyakit lambung, kopi rendah kafein menjadi solusi agar tetap bisa menikmati kopi kapan setiap pagi.

Kopi paling aman bagi penderita asam lambung atau kelainan jantung darah tinggi adalah kopi rendah kafein. Seperti dikatakan Ade Wachjar, peneliti kopi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) (Tempo.co, 15 April 2013), untuk penderita kelainan jantung dan darah tinggi, takaran kafeinnya cukup 3 miligram oz kopi per cangkir.

Menurut Ade, khasiat positif kopi bisa didapatkan asal takaran kafeinnya tidak berlebihan. Apa khasiat kopi? khasiat kopi yaitu dapat mengurangi resiko serangan penyakit diabetes, kelainan jantung, kanker kolon, sirosis hati, batu empedu, dan sakit kepala. Kopi juga mengandung komponen trigonelin yang memiliki zat anti bakteri  dan anti kelat yang bisa mencegah gigi berlubang.

Sebuah studi baru peneliti Mayo Clinic seperti dilaporkan tempo.co pada 21 Mei 2013 mengungkapkan bahwa minum kopi memiliki keuntungan tambahan yang sangat bermanfaat, yaitu mengurangi resiko Primary sclerosing Cholangitis (PSC), penyakit hati autoimun yang sangat jarang.

Adakah tanaman kopi yang menghasilkan buah rendah kafein? Tidak ada. Tapi, kandungan kafein dalam kopi bisa diturunkan. sangat mudah dapat dilakukan oleh setiap orang. caranya sesuai artikel berikut ini https://amankubacoffee.co.id/diet-alami-dengan-kopi/ , jadi bagaimana dengan ketakutan untuk meminum kopi? silahkan mencobanya.

Sumber: “Syukri Muhammad Syukri. Hikayat Negri Kopi, 2016, PT Gramedia Jakarta”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *