Gayo Arabica Specialty

Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar ketiga setelah Brazil dan Kolombia. Kopi Gayo merupakan salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo. Perkebunan Kopi yang telah dikembangkan sejak tahun 1908 ini tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Kedua daerah yang berada di ketinggian 1200 m dari permukaan laut tersebut memiliki perkebunan kopi Arabica terluas di Indonesia, yaitu dengan luas sekitar 81.000 ha. Masing-masing 42.000 ha berada di Kabupaten Bener Meriah dan selebihnya 39.000 ha di Kabupaten Aceh Tengah.

Gayo adalah nama Suku Asli yang mendiami daerah ini. Mayoritas masyarakat Gayo berprofesi sebagai Petani Kopi. Di daerah tersebut kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini juga dikenal sebagai kopi hijau (ramah lingkungan).

Kopi Gayo disebut-sebut sebagai kopi organic dan kopi sehat terbaik di dunia. Varietas Arabika mendominasi jenis kopi yang dikembangkan oleh para petani Kopi Gayo. Produksi Kopi Arabika yang dihasilkan dari Tanah Gayo merupakan yang terbesar di Asia. Kopi Gayo merupakan salah satu kopi khas Nusantara asal Aceh yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan di dunia. Kopi Gayo memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Kebanyakan kopi yang ada, rasa pahitnya masih tertinggal di lidah kita, namun tidak demikian pada kopi Gayo. Rasa pahit hampir tidak terasa pada kopi ini. Cita rasa kopi Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit.

Kopi Arabica merupakan salah satu komoditas yang diprioritaskan pengembangannya oleh pemerintah Indonesia., hal ini berdasarkan pada fakta bahwa ekspor kopi Arabika dari Indonesia sebagian besar dipasarkan ke segmen specialty karena mutu dan citarasanya khas serta digemari oleh para penikmat kopi di Negara-Negara konsumen utama.

Dataran tinggi Gayo merupakan kawasan penghasil kopi Arabika Specialty terpenting di Indonesia, Areal yang cukup luas, ketinggian yang tepat, kondisi tanah yang subur dan iklim tropika basah di kawasan ini sesuai untuk pengembangan kopi Arabica Specialty.

Dataran Tinggi Gayo

Dataran Tinggi Gayo tersembunyi pada salah satu punggung pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera. Dataran Tinggi Gayo berada pada ketinggian lebih dari 1.200 mdpl. Daerah ini sangat sejuk, tempat dimana berbagai hasil bumi tumbuh subur diatasnya. Tanah, iklim, hutan dan pohon-pohon Lamtoro melengkapi keistimewaan Dataran Tinggi Gayo sebagai sentra perkebunan kopi. Dua kabupaten di Dataran Tingi Gayo, yaitu Aceh Tengah dan Bener Meriah merupakan dua wilayah pengekspor kopi Arabika terbesar di Asia dengan jumlah estimasi produksi sebesar 65.000 ton pertahun.

KOPI GAYO AMAN KUBA COFFEE

100gr

Grade -5

Rp 20.000,00

Grade-5

Grade -5

Rp 54.000,00

100gr

Grade -5

Rp 20.000,00

250gr

Grade -5

Rp 45.000,00

250gr

Grade -5

Rp 45.000,00
Rp 25.000,00
Rp 25.000,00
Rp 58.000,00
KLIK DAFTAR AGEN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *