Benarkah Arabika Gayo Dinilai Sebagai Kopi Terbaik Dunia?

Kopi Arabika Gayo 

Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar ketiga setelah Brazil dan Kolombia. Kopi Gayo merupakan salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo. Perkebunan Kopi yang telah dikembangkan sejak tahun 1908 ini tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Kedua daerah yang berada di ketinggian 1200 m dari permukaan laut tersebut memiliki perkebunan kopi Arabica terluas di Indonesia,

Secara spesifik, kemudian komoditi perkebunan ini menjadi komoditi utama dan unggulan di dua kabupaten yang berada di Dataran Tinggi Gayo tersebut. Produk Domestik Regional Brutto (PDRB) terbesar bagi daerah ini dihasilkan produk kopi arabika yang saat ini sudah banyak dikenal oleh konsumen manca negara baik di daratan Eropa, Amerika maupun Asia.

Kopi arabika asal daerah ini yang kemudian dikenal dengan identitas geografis sebagai Kopi Gayo ( Gayo Mountain Coffee) ini, sekarang sudah mampu bersaing dengan kopi arabika yang dihasilkan oleh negara-negara di benua Afrika, Amerika latin (khususnya Bazil) dan beberapa negara Asia seperti Vietnam dan Thailand  di pasar kopi dunia.

KLIK ORDER KOPI GAYO ARABIKA

KOPI ARABIKA GAYO DAN PENGAKUAN DUNIA

Keunggulan kopi arabika yang berasal dari dataran tinggi Gayo ini sudah mendapat pengakuan dunia dengan dittrimanya sertifikat Indikasi Geografis (IG) Kopi Arabika Gayo pada tanggal 27 Mei 2010 yang lalu. Sementara dalam even Lelang Spesial Kopi Indonesia yang digelar di Bali pada tanggal 10 Oktober 2010, kopi arabika yang berasal dari dataran tinggu Gayo ini dinyatakan sebagai kopi organic teraik di dunia berdasarkan cupping score yang dilakukan oleh para ahli test cup kopi sedunia.

Pola pertanian organic yang terus dipertahankan dalam budidaya kopi arabika Gayo inilah yang kemudian membawa kopi Gayo menjadi kopi termahal di dunia, bahkan jauh di atas harga di pasar lelang kopi dunia di New York.

Pengakuan kopi arabika Gayo sebagai kopi arabika teraik juga datang dari Specialty Coffee Assosiation of Eorope (SCAE), asosiasi kopi special yang konsen terhadap standar kualitas kopi dunia di daratan Eropa.

Ketika Ketua SCAE Collin Smith beserta rombongannya yang berasal dari berbagai negara Eropa mengunjungi dataran tinggi Gayo beberapa tahun yang lalu, mereka menyatakan bahwa masyarakat Eropa sudah lama mengenal dan menikmati kopi arabika Gayo ini.

Hal serupa juga diakui oleh Royal Coffee, brand kopi dunia asal Amerika Serikat,  Wakil Presiden (Vice President) Royal Coffee,John Cosette saat berkunjung ke dataran tinggi Gayo tahun 2015 silam mengungkapkan kekagumannya akan kehebatan kopi Arabika Gayo dan yakin bahwa kopi Gayo adalah kopi terbaik di dunia”

KLIK ORDER KOPI ARABIKA GAYO

Apa yang membuat kopi Gayo lebih unggul dari yang lain?

Pertama, varietas  yang ditanam petani kita menghasilkan kopi berkualitas terbaik, saat ini petani kopi di dataran tinggi Gayo, mayoritas menanam kopi varietas Gayo 1 (G-1) dan Gayo 2 (G-2) dan P-88, ketiga varietas tersebut telah dilepas oleh Kementerian pertanian sebagai varietas unggul kopi di Indonesia.

Kedua, iklim dan jenis tanah di wilayah-wilayah tersebut dengan kondisi tanah berbukit pada ketinggian rata-rata diatas 1000 mdpl, sangat mendukung produksi kopi bercitarasa mantap dan khas.

Ketiga, cara pengolahan basah (wet hulling) yang dilakukan petani kita sangat unik yang menciptakan citarasa  kopi terbaik.

Keempat, praktek pertanian yang dilakukan umumnya sesuai dengan tuntutan konsumen yaitu mengandalkan sistem pertanian organik.

Kelima, kopi Gayo sudah memiliki Sertifikat Indikasi Geografis (IG) yang sudah diakui oleh berbagai lembaga kopi dunia baik di Eropa maupun Amerika.

PRODUSEN KOPI ARABIKA GAYO

Aman Kuba Coffee adalah perusahaan manufaktur  bergerak di bidang produksi bubuk kopi dalam kemasan yang terletak di Takengon-Aceh Tengah, Indonesia. 

Aman Kuba Coffee memperoleh bahan baku dari petani binaan berupa gabah basah, kemudian dijemur hingga kadar air 30%-28% dan digiling menggunakan Huller, dijemur hingga kadar air 12%-10%, sortasi, roasting (sangrai), cupping, grinder, lalu dijadikan bubuk dalam kemasan.

Fa. H. Aman Kuba adalah sebuah perusahaan pengolahan gabah hingga grean bean mulai dari grade V sampai grade I kualitas ekspor   yang didirikan sejak tahun 1958. Pada tahun 2007 usaha ini berkembang seiring dengan pengembangan pasar dan penambahan peralatan untuk pengolahan produk berupa bubuk kopi dalam kemasan. Oleh karena itu nama Aman kuba dijadikan merk dagang dengan menambahkan kata Coffee.

Aman Kuba Coffee mengolah biji kopi  Arabica Specialty untuk disangrai berdasarkan  standar dari SCAA (Specialty Coffee Association of America) atau SKA Indonesia sebagai wujud dari usaha kami untuk anda penikmat kopi Gayo Arabica Specialty. Kami hanya menyangrai dan memproduksi kopi Arabika Gayo untuk memastikan bahwa anda menerima produk kopi Gayo terbaik.

Jenis Kopi AMAN KUBA COFFEE

Aman Kuba Coffee menyediakan Green Bean, Roasted Bean (Biji Kopi Sangrai) dan bubuk kopi dalam kemasan dengan kualitas terbaik dari biji-biji pilihan hasil dari kelompok tani Aman Kuba Coffee, perkebunan dengan perawatan intensif serta mengusung konsep edukasi berdasarkan standard proses kopi specialty.

Kami juga me-roasting (menyangrai) berdasarkan spesifikasi pemintaan pelanggan. Hal ini menjamin bahwa Anda akan menerima jenis roastingan (style roast) dan produk se-segar mungkin.

GREAN BEAN

ROAST BEAN

BUBUK KOPI

VARIAN KOPI GAYO AMAN KUBA COFFEE

PRODUK KOPI AMAN KUBA COFFEE

ORDER VIA WA SILAHKAN HUBUNGI COSTUMER SUPPORT KAMI

Zaitun EP
Customer Support

whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *